Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
/SMS/WA : 08112225788 (08-21.00 WIB) Untuk konsultasi, terapi, dan ruqyah dikenakan infaq seikhlasnya


Bisnis Jual-Beli Batu Permata Online

Bisnis Batu Permata Online

Setelah 5 bulan absen tidak menulis artikel di Rumah Cahaya ini, maka Bisnis Jual-Beli Batu Permata Online menjadi judul tulisan saya kali ini. Tulisan yang temanya agak jauh berbeda dengan tema-tema yang biasa diangkat pada tulisan-tulisan sebelumnya, kecuali dengan artikel yang berjudul Menjadikan Hobi Sebagai Ide Usaha, boleh jadi temanya ada keterkaitan, karena memang dari sejak lama saya sudah cukup hobi dengan yang namanya batu permata, baik itu batu mulia maupun batu akik, dan sekarang hobi atau kegemaran saya itu saya jadikan sebagai sebuah bisnis atau usaha.

Entah sudah berapa bulan lamanya saya belajar bisnis jual-beli batu mulia dan batu akik, mungkin kurang lebih baru setengah tahunan kalau dihitung ke belakang dari saat sekarang saya menuliskan artikel ini. Ya, masih baru dan belum setahun, padahal sebenarnya keinginan untuk memulai usaha batu permata secara online ini sudah ada sejak lama, namun keinginan tersebut saya tunda-tunda karena di tempat saya tidak ada pemasok barangnya, sehingga saya berfikir untuk berjualan online saya harus mencari batunya ke kota atau ke tempat yang agak jauh untuk membelinya atau sekedar bekerjasama dengan para pebisnis batu yang biasa berjualan di pasar-pasar offline, dan terus terang saya malas untuk itu.

Pada suatu hari saya pun mengetahui ada seorang pengrajin ikat perak untuk batu permata yang menikahi anak perempuan tetangga dan ia tinggal di kampung kami sehingga kami bertetangga. Keinginan untuk memulai bisnis jual-beli batu mulia online pun muncul kembali, namun karena ia hanya bergelut di kerajian peraknya saja, tidak menyediakan banyak batu di tempatnya, maka keinginan saya pun tertunda kembali.

Langkah Awal Memulai Bisnis Jual-Beli Batu Permata Online

Alhamdulillah jika telah tiba saatnya Allah berkehendak, memang alasanya pun secara zhahir seolah tanpa disengaja. Saat itu salah seorang paman saya menawarkan salah satu cincin batunya karena terdorong kebutuhannya akan cat lukis, dimana cat tersebut diperlukan untuk mengerjakan lukisan di atas kaca. Harga yang ia tawarkan pun tidak seberapa dan harganya makin menurun karena terdesak oleh kebutuhannya tadi. Akhirnya meskipun agak berat hati mengingat isi dompet yang sedang menipis, maka saya beli cincin batunya tersebut dengan niatan untuk menolong. Yaa, ngasih uang belum bisa, setidaknya saya terima tawarannya, hehehe.

Saat itu saya pun berfikir, mungkin telah tiba saatnya bagi saya untuk mencoba memulai keinginan yang telah lama ditunda-tunda tadi. Maka mulailah saya menawarkan secara online cincin batu tadi yang konon namanya batu Jambrud Hijau Muda. Cincin tersebut saya tawarkan di salah satu atau di dua situs iklan gratis di internet, dan pada saat itu saya belum tahu batu Jamrudnya origin atau berasal dari negara mana, dan apakah itu benar-benar batu Zamrud atau bukan, pokoknya di situs iklan tadi pun saya kasih nama seperti nama yang paman saya kasih, yaitu Cincin Batu Jamrud Hijau Muda (belum tau sama sekali tentang Jamrud Columbia, Zambia, Brazil, atau Jambrud yang lain). Disamping itu saya iklankan juga satu atau beberapa cincin batu lainnya, diantaranya sebuah cincin batu akik berwarna hitam yang saya terima dari bapak saya sendiri.

Setelah tidak berapa lama tayang di internet, ada dua orang yang berminat dengan batu tadi menghubungi, yang seorang dari luar negeri dengan kata-kata berbahasa Inggris, dan yang seorang lagi berasal dari negeri sendiri, tepatnya dari kota kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, dan ia seorang perempuan. Awalnya peminat dari Tasik tersebut tertarik kepada batu hitam yang saya sebutkan di atas,  namun kemudian ia beralih menjadi tertarik dengan batu Zambrud tadi, dan terjadilah transaksi jual-beli, dan pada akhirnya barang pun saya dijual serta dipaketkan kepadanya. Inilah penjualan batu permata pertama saya secara online di internet!

Setelah penjualan pertama, maka saya mulai tawarkan satu atau dua batu lainnya, diantaranya sebuah batu Ruby daging yang juga saya tawarkan di internet dengan terlebih dahulu meminta izin dari bapak. Kenapa saya harus meminta izin beliau? Karena saya dulu mendapatkan batunya dari bapak. Saat itu di hari raya ‘Idul Fitri, yang entah sudah bebeberapa tahun atau belas tahun yang lalu, saya pun lupa untuk mengingatnya. Karena mungkin melihat jari saya tidak memakai cincin seperti waktu-waktu sebelumnya, maka bapak menawarkan dan menyuruh saya memilih salah satu diantara beberapa koleksi batu permatanya, dan pilihan saya pun jatuh kepada batu Ruby daging tadi. Ya.. itulah diantara kasih sayang orang tua terhadap anaknya yang tidak akan pernah terputus sepanjang masa. Bila di belakang hari kemudian saya memutuskan untuk menjualnya, itu karena di jari saya sudah ada cincin permata lain yang lebih saya sukai, dan tidak berapa lama dari penayangan iklan, batu ini pun terjuallah kepada salah seorang kolektor dari Jakarta.

Demikianlah, perlahan tapi pasti, batu-batu permata yang saya tawarkan di internet terus bertambah, demikian pula dengan penjualan serta pengiriman paket ke berbagai kota dan daerah. Dan ternyata setelah saya benar-benar memulainya, untuk mendapatkan batu-batu permata pun tidak sesulit dan secapek yang dibayangkan. Selain mendapatkan dari orang tua, dari paman yang rutin menawarkan batu-batu milik teman atau kenalannya, serta dari teman dekat, ternyata tanpa diduga saya pun bisa mendapatkannya secara online pula, dan melalui online juga saya bisa berkenalan dengan para kolektor atau penjual batu yang lain yang awalnya tertarik dengan koleksi batu saya, justru pada akhirnya mereka menitipkan batu-batu permatanya untuk saya bantu  jualkan. Alhamdulillah…meskipun modal sendiri tidak seberapa, tapi dengan adanya amanah dari mereka, setidaknya saya bisa menjual berbagai jenis batu permata.

Membuat Situs Jual-Beli Batu Permata Online

Saya pun telah membuat situs jual-belinya tersendiri dan memposting beberapa batu mulia seperti batu Safir, Ruby, Jambrud, bacan, dan sebagainya di situs tersebut, meskipun untuk saat sekarang belum semua stocknya saya posting di sana (kebanyakan masih di posting di situs iklan) dengan alasan sibuk dengan kegiatan lain, urusan keluarga, dan berbagai alasan lainnya. Situsnya berbentuk toko online yang sederhana saja, dengan koleksi batu permata yang juga masih batu-batu yang berharga murah, dengan sasaran kelas menengah ke bawah. Situsnya saya kasih nama domain www.batumania.com. Silahkan jika Anda berkenan untuk mengunjunginya, apalagi jika sampai membeli barang dagangannya. 😀

Baik, inilah artikel saya di awal bulan Juli 2014 ini, artikel yang baru saya tulis lagi setelah saya absen sekian lama. Pastinya diantara alasan absen saya dari membuat tulisan di blog ini salah satunya adalah karena kesibukan saya dengan usaha yang baru saya rintis dan pelajari, yaitu usaha atau Bisnis Jual-Beli Batu Permata Online tadi. Mohon do’a dari sahabat-sahabat ya.. supaya usaha yang saya rintis ini cepat berkembang, sukses, dan berkah. Aamiin yaa Robbal’aalamiin.. Terimakasih, Jazakumullaahu khairan katsiraa. ~Cepi Nugraha