Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
/SMS/WA : 08112225788 (08-21.00 WIB) Untuk konsultasi, terapi, dan ruqyah dikenakan infaq seikhlasnya


Gambar Rangka Atap Baja Ringan

Gambar Rangka Atap Baja Ringan

Karena cukup banyak peselancar dunia maya yang ingin tahu tentang cara memilih rangka atap baja ringan, maka tak ketinggalan saya pun akan menuliskan caranya di blog ini, dengan harapan.. semoga banyak juga pengunjung dengan pencarian yang sama bisa mampir serta mendapatkan apa yang mereka cari sekaligus manfaatnya juga di sini.

Cara memilih rangka atap baja ringan ini saya temukan di sebuah halaman salah satu tabloid yang ada di rumah kami, di tabloid tersebut saya menemukan tulisan dengan judul “Cara Aman Pilih Rangka Atap Baja Ringan”, dimana kata-kata pada paragraf awalnya seperti ini:

Semakin  sulitnya pasokan kayu, membuat baja ringan menjadi alternatif material rangka atap yang makin populer. Tetapi, bagaimana kita yakin telah memilih rangka atap baja ringan yang tepat? Masalahnya di Indonesia sendiri peraturan struktur bangunan baja ringan belum jelas.

Inilah Cara Memilih Rangka Atap Baja Ringan Yang Tepat!

Tulisan tadi dilanjutkan dengan merujuk pada uraian (tips) dari Pak Soebrata O. dari PT Pryda Indonesia, sebuah perusahaan yang telah berpengalaman sejak tahun 1964 dalam perancangan dan pengembangan teknologi untuk atap dan bangunan. Beliau menyebutkan, beberapa hal berikut perlu diperhatikan saat memilih rangka atap baja ringan:

Bahan Profil Baja

Bahan baja yang umum dipakai adalah high tension steel atau biasa disebut dengan baja mutu tinggi. Umumnya digunakan standar G550. Orang awam sulit mengetahui mutu bahan yang ada, tetapi dengan mengetahui standar baja minimum G550, maka kita bisa meminta jaminan tertulis bahwa bahan baku yang akan kita pakai adalah G550.

Lapisan Anti Karat

Di Indonesia, lapisan anti karat yang umum dipakai adalah lapisan AZ (Aluminium dan Zinc) atau Z (Zinc). Aluminium zinc lebih tahan korosif terhadap air garam, tetapi ia tidak tahan terhadap adukan semen (korosif), sedangkan lapisan zinc kurang tahan terhadap air garam, tetapi tidak korosif akibat adukan semen. Lapisan zinc cocok untuk penutup atap genteng keramik atau genteng beton, karena bagian nok (karpusan) biasanya diisi dengan adukan semen.

Ketebalan Lapisan Anti Karat

Ada anggapan salah bahwa aluminium zinc lebih baik daripada zinc, padahal yang menentukan adalah ketebalan lapisan. Secara umum, untuk bahan struktural (menanggung beban), lapisan aluminium zinc tidak boleh kurang dari 150 gram/m². Ketebalan lapisan antikarat  sulit dicek secara visual dan pengecekan harus dilakukan di laboratorium. Yang paling mudah adalah meminta jaminan secara tertulis tentang ketebalan lapisan yang akan dipakai.

Desain Struktur

Perhitungan desain struktur sulit dipahami orang awam. Karenanya, pilih merk-merk yang bisa memberikan jaminan struktur dengan baik serta mempunyai software analisa struktur khusus. Struktur baja ringan tidak cukup hanya dihitung menggunakan software analisa struktur biasa.

Sistem Pengaku/Bracing

Rangka atap baja ringan dibuat dari baja tipis (untuk kuda-kuda, di indonesia minimum 0,8 mm, di Malaysia minimum 1 mm). Akibatnya, meskipun telah berbentuk profil yang kokoh, kekuatannya tinggi, tetapi kekakuannya lemah. Karena itu struktur rangka atap harus dilengkapi batang pengaku/bracing yang cukup. Tanyakan lebih detail soal bracing ini, karena jika kurang akibatnya fatal.

Proses Perakitan

Di Indonesia, umumnya kuda-kuda rangka atap dirakit di lokasi, meskipun ada juga yang dirakit di pabrik. Proses perakitan di proyek memerlukan kontrol kualitas yang baik, karena bentuk, kerapian, serta kesempurnaan proses penyambungan sangat tergantung pada keahlian tukang. Lapisan zinc cocok untuk penutup atap genteng keramik atau genteng beton, karena bagian nok (karpusan) biasanya diisi dengan adukan semen.

Cermatlah saat memilih rangka atap baja ringan. Jika rangka tidak berkualitas, fatal akibatnya.

Dalam memilih rangka atap baja ringan, kita harus lebih jeli. Pada rangka atap kayu, kalau hanya satu kuda-kuda gagal, hanya kuda-kuda tersebut yang rubuh. Sementara itu, rangka atap baja ringan mempunyai kecendrungan rubuh secara keseluruhan mengingat bahan baja tidak mudah patah seperti kayu.

Baiklah sahabat Rumah Cahaya, sampai di sini tulisan mengenai cara memilih rangka atap baja ringan. Selanjutnya, silahkan untuk membaca tulisan-tulisan kami yang lainnya. terimakasih.. ~ Cepi Nugraha