Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
/SMS/WA : 08112225788 (08-21.00 WIB) Untuk konsultasi, terapi, dan ruqyah dikenakan infaq seikhlasnya


Corrective Maintenance Adalah

Corrective Maintenance

Sahabat, pada kesempatan ini saya akan menyajikan artikel yang mengambil tema tentang Corrective Maintenance, setelah beberapa waktu sebelumnya pernah saya tuliskan pula artikel yang mengulas tentang Preventive Maintenance. Untuk mengetahui arti corrective maintenance dan bahasannya, silahkan sahabat simak tulisan saya berikut ini..

Corrective maintenance adalah merupakan suatu kegiatan perbaikan terhadap asset dan peralatan yang telah mengalami kerusakan agar alat tersebut dapat kembali pada standar yang dipersyaratkan. Corrective maintenance tidak hanya berarti memperbaiki, akan tetapi juga mempelajari sebab-sebab terjadinya kerusakan serta mempelajari cara-cara mengatasinya dengan cepat, tepat, dan benar, sehingga bisa tercegah terulangnya kembali kerusakan yang serupa. Untuk mencegah terulangnya kerusakan yang serupa ini perlu dipikirkan sesuatunya dengan mantap dan seksama.

Ada beberapa macam tindakan yang dapat dipakai sebagai alternatif (pilihan), antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Merubah proses produksi, sehingga semua sistem produksi berubah.
  2. Mengganti desain/kontruksi/material dari komponen yang mengalami kerusakan.
  3. Mengganti komponen yang rusak dengan komponen yang sejenis dengan desain atau kontruksi yang lebih baik.
  4. Seluruh mesin diganti dengan yang baru.
  5. Memperbaiki prosedur preventive maintenance, misalnya memperbaiki jadual pelumasan.
  6. Mempertimbangkan atau mengganti prosedur operasi, misalnya dilakukan training terhadap operator untuk mengoperasikan suatu unit khusus dengan benar.
  7. Mengubah atau mengurangi beban pada unit.

Oleh karenanya, laporan terperinci tentang suatu kerusakan peralatan adalah sangat penting untuk dianalisa, sehingga dapat diambil tindakan-tindakan yang tepat untuk mengatasinya, atau mencari alternatif penyelesaian. Silahkan dilihat “Aliran Informasi Dalam Maintenance” pada gambar/bagan di bawah ini..

Corrective Maintenance

~ Aliran Informasi Dalam Maintenance ~

Tentang Corrective Maintenance Yang Juga Penting Diketahui

Perlu disadari pula, bahwa kegiatan corrective maintenance tidak dapat menghilangkan atau eliminasi semua kerusakan, tetapi harus mampu mencegah terulangnya kembali kerusakan yang serupa.

Dengan corrective maintenance ini maka jumlah kerusakan akan berkurang, dan waktu terhentinya mesin (down time) juga akan berkurang sehingga kapasitas produksi dapat ditingkatkan. Disamping itu pula masih membuka kemungkinan terhadap berubahnya proses produksi, penggantian peralatan, dan perencanaan kembali peralatan demi penyempurnaan.

Adalah menjadi tugas bersama antara bagian produksi, bagian engineering, serta bagian maintenance untuk mengikuti terjadinya kerusakan-kerusakan pada peralatan dan mengambil tindakan-tindakan yang perlu dilakukan untuk mengatasinya. Koordinasi diantara ketiga bagian tersebut harus baik.

Demikianlah sahabat Rumah Cahaya artikel yang tersaji kali ini. Semoga setelah membaca artikelnya, sahabat-sahabat menjadi lebih tahu tentang apa itu corrective maintenance, disamping bisa berguna dan bermanfaat juga pastinya.. ~ Cepi Nugraha