Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
/SMS/WA : 08112225788 (08-21.00 WIB) Untuk konsultasi, terapi, dan ruqyah dikenakan infaq seikhlasnya


Channel Telegram Belajar Bahasa Arab

Telegram Bahasa Arab

Sedang mencari grup atau channel telegram belajar bahasa Arab ya sahabat? Jika YA jawabannya, barangkali channel dan grup telegram belajar bahasa Arab Gratis yang saya buat bisa menjadi pilihan sahabat semua untuk mempelajari dan memahami percakapan bahasa Arab, termasuk gramatikanya, yakni ilmu shorof, nahwu, balaghah, dan ilmu alat lainnya.

Betul, pada hari Rabu kemarin tanggal 11 April 2018 M atau 24 Rajab 1439 H, saya telah membuat channel telegram bahasa Arab dan grup telegram bahasa Arab, yang diperuntukkan buat sahabat yang ingin belajar bahasa Arab lewat Telegram.

Belajar bahasa Arab di Telegram menurut saya bisa lebih tersusun dan lebih menyenangkan jika dibandingkan dengan jika kita belajar di aplikasi chatting atau sosial media lain semisal di WhatsApp dan Facebook, dan  sebagainya, meskipun tentu saja tidak semua orang memiliki pendapat yang sama.

Diantara keunggulan Telegram adalah menyimpan data di servernya. Jadi jika ada file yang dibagikan orang lain di Telegram semisal foto, audio, dan video, kemudian kita unduh, dan suatu saat kita dengan sengaja atau tidak sengaja menghapusnya, maka kita bisa mengunduh kembali file yang sama di sana, selama orang yang membagi file tersebut tidak menghapusnya. Berbeda dengan WhatsApp, biasanya jika kasusnya seperti di atas, maka kita tidak bisa kembali mengunduhnya.

Oh iya, saya membuat channel dan group belajar bahasa arab via telegram bukan karena saya merasa bisa apalagi pakar dalam bahasa Arab, akan tetapi alasan saya membuatnya antara lain adalah sebagai berikut:

  • Saya ingin menjadi salah satu diantara yang terbaik menurut apa yang telah disabdakan oleh Baginda Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa aalihi wa sallaam., yakni “Khoirukum man ta’allamal qur’aana wa ‘allamahuu (Sebaik-baik kalian adalah siapa yang mempelajari al-Qur’an dan mengajarkannya)”. Karena bahasa Arab yang saya pelajari dan ingin saya ajarkan tidak semata hanya percakapan, namun juga untuk memahami atau Tafhim Qur’an. Saya pun ingin memuiakan dan mulia bersama al-Qur’an.
  • Saya ingin menjaga ilmu bahasa Arab saya meskipun masih sedikit. Dan tiada lain cara menjaganya adalah dengan muroja’ah atau mengulang-ulanginya. Artinya dengan mengajarkan Ilmu Alat / Nahwu Shorof / Bahasa Arab ini, sama artinya dengan telah mengulang-ulanginya.
  • Dengan mengajarkan bahasa Arab, maka pengetahuan bahasa Arab saya pun tidak akan berkurang, namun pasti akan bertambah, “Amalkan ilmu-ilmu yang telah diketahui, maka Allah akan bukakan pintu-pintu ilmu yang belum diketahui”
  • Saya ingin dengan sedikit ilmu bahasa Arab yang saya miliki, maka saya akan terus mendapat manfaat meskipun saya telah tiada alias meninggalkan dunia yang fana ini. “Apabila anak Adam meninggal dunia, maka terputuslah amalnya, kecuali 3 perkara, shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang mendo’akannya”.

Keunggulan Channel & Grup Telegram Belajar Bahasa Arab Kami

Saya pernah dan sedang mengikuti beberapa kursus atau pembelajaran bahasa Arab secara online, termasuk di beberapa channel Telegram. Meskipun ilmu seorang guru atau ustadz adalah penting, namun ternyata cara mengajar atau cara menyampaikan pelajaran juga penting, karena ini akan berpengaruh cukup signifikan bagi perkembangan peserta atau murid.

Tidak semua pakar ilmu bisa atau mau menyampaikan pengajarannya dengan baik, diantaranya pernah di internet ada yang menawarkan kursus bahasa Arab online berbayar, dengan beberapa admin yang memiliki latar belakang pesantren serta pendidikan di luar negeri, dengan kemampuan yang bisa dikatakan mereka adalah ahlinya. Akan tetapi cara memberikan materi yang asal-asalan, ditambah dengan materi yang diberikan adalah hasil unduh dari Youtube, dsb. Jadi terkesan mereka tidak begitu peduli dengan peserta atau murid-muridnya.

Tentu tidak semua penyelenggara kursus online seperti di atas, ada juga penyelenggara kursus online berbayar yang bagus dalam menyajikan materinya, dan bahkan bukan hanya yang berbayar, ada juga penyaji pembelajaran bahasa Arab gratisan, namun memiliki kualitas pengajaran yang cukup bagus.

Berlatar belakang cara pengajaran yang berbeda-beda seperti di atas, maka meskipun saya sangat minim ilmu bahasa Arab, namun saya berniat untuk menyampaikan sedikit ilmu tersebut dengan penyajian yang tersusun, terstruktur, dan semenarik mungkin. Jadi hal-hal yang menarik di beberapa kursus atau pembelajaran online tadi, ingin saya padukan caranya di pelajaran bahasa arab Telegram yang saya buat, sehingga bisa lebih menarik, dan tentu saja tujuannya agar peserta bisa mempelajari materinya senyaman mungkin, sehingga bisa menangkap dan memahami materi lebih cepat.

Sajian Channel Telegram Belajar Bahasa Arab

In syaa Allaah nanti pada Channel Telegram belajar bahasa Arab kami, akan tersajikan materi dalam bentuk teks, audio, dan mungkin juga video jika memang diperlukan. Materi dalam bentuk teks, akan diperjelas dengan rekaman suara saya di audio. Dan tidak hanya itu, saya pun akan menyajikan materi dalam bentuk lagu atau nazhoman, supaya otak bawah sadar lebih mudah menangkap isinya, sehingga peserta akan lebih mudah untuk mengingat atau menghapalnya.

Sajian Grup Telegram Belajar Bahasa Arab

Bila pada channel saya menyajikan materi pembelajaran, maka di group saya buat sebagai media silaturrahim online antar peserta, dan sebagai ajang tanya-jawab atau diskusi antar peserta. Jadi bilamana ada peserta yang bertanya sesuatu terkait materi belajar bahasa Arab di telegram yang belum difahaminya, maka peserta yang lain yang sudah lebih dulu memahami materi, akan membantu menjawabnya, sehingga dengan begitu kemampuan peserta pun bisa terus meningkat. Saya mungkin akan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari peserta sesekali, dan sesekali juga mungkin saya akan memberikan tugas untuk melihat kemajuan ilmu bahasa Arab mereka. Jadi, intinya grup ini pun dibuat untuk membantu pembelajaran.

Pendampingan Oleh Para Ahli Bahasa Arab

In syaa Allah ke depannya, saya pun akan mengundang kehadiran para guru atau asatidz dari pesantren dan perguruan tinggi yang memang ahli dan berpengalaman dalam ilmu bahasa Arab untuk bergabung dengan channel dan group belajar bahasa Arab via Telegram ini. Baik itu guru yang memiliki kelebihan dalam ilmu alat atau gramatika bahasa Arab, maupun yang memiliki kelebihan dalam percakapan bahasa Arab (hiwar atau muhadatsah).

Tidak tertutup kemungkinan juga, saya akan selenggarakan camp kursus offline bagi peserta yang ingin lancar untuk berbicara bahasa Arab, maupun bagi peserta yang ingin mengkaji lebih dalam perihal ilmu alat atau kaidah-kaidah bahasa Arab melalui kajian kitab kuning seperti Jurumiyah, ‘Imrity, Alfiyah, Jauhar Maknun, atau mengaji kitab fiqih sebagai prakteknya, semisal kitab Fathul Qarib, dan kitab lainnya, yang akan diupayakan masing-masing kitab bisa selesai dikaji selama 1 bulan, dan tentu bukan oleh saya sendiri, namun beserta para guru yang ahli di bidang ini.

Link ke Group dan Channel Telegram Belajar Bahasa Arab Gratis

Barangkali itu saja yang bisa saya sampaikan para artikel kali ini, untuk link ke grup belajar bahasa arab lewat Telegram, in syaa Allaah saya share link atau tautannya di channel. Dan berikut adalah link atau tautan ke channel belajar bahasa Arab via Telegram GRATIS yang saya buat:

t.me/KursusBahasaArabOnline <~ ( klik! )

Silahkan bergabung ya sahabat dengan channel Telegram belajar bahasa Arab kami, dan semoga bermanfaat. 🙂