Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
/SMS/WA : 08112225788 (08-21.00 WIB) Untuk konsultasi, terapi, dan ruqyah dikenakan infaq seikhlasnya


Jual-beli Situs Web

Lelang Situs Web

Sahabat-sahabat.. jual-beli situs seperti halnya jual beli barang yang lain juga, ada produk yang dijual dan ada produk yang dibeli, tentunya yang diperjual-belikan di sini adalah sebuah atau beberapa buah situs, yang dalam hal ini adalah situs web. Situs yang dijual pun bisa bervariasi, mulai dari blog adsense, forum, mini site, situs periklanan, situs layanan jasa, situs jual-beli, dan situs-situs yang bertema apa saja.

Jual-beli situs atau jual-beli website ini biasa dikenal dengan istilah flipping site atau website flipping, dan bagi kebanyakan dari para pelakunya menjadikan jual beli ini sebagai bagian dari bisnis online untuk mendapatkan penghasilan. Jika diibaratkan jual-beli ini seperti halnya bisnis properti, dimana kita bisa membuat bangunan rumah atau ruko yang baru (juga rumah atau ruko yang sudah lama) untuk dijual kepada pihak-pihak yang membutuhkan dengan harga yang dikehendaki supaya diperoleh keuntungan. Karena itu pula di dalam dunia online sebuah situs web atau bahkan hanya nama domain/situsnya saja biasa disebut dengan properti online.

Mengapa Jual-Beli Situs Bisa Menjadi Lahan di Bisnis Online?

Sebuah bisnis bisa tercipta karena ada peluangnya di bisnis tersebut, demikian juga dengan bisnis jual-beli situs web, di situ terdapat dua komponen yang saling membutuhkan yaitu penjual situs dan pembelinya.

Para penjual situs adalah mereka yang dengan sengaja membuat situs baru (fresh site) dengan tujuan untuk dijual, atau para pemilik situs yang memang sudah tidak ingin mengurus situsnya lagi dikarenakan berbagai alasan seperti karena sibuk dengan pekerjaan lainnya, fokus terhadap situs lain miliknya, ada juga yang membutuhkan uang tunai secepatnya untuk keperluan usaha, pengobatan keluarga, membayar hutang, dan sebagainya.

Para pembeli situs ialah mereka yang tidak mengetahui sama sekali pembuatan sebuah situs tetapi ingin memiliki sebuah situs sesuai tema yang diinginkannya untuk kemudian dikembangkan untuk bisnisnya, namun bisa juga para pembeli situs ini adalah mereka yang sudah mengetahui cara pembuatannya tetapi mereka tidak mau membuatnya dari awal dengan alasan untuk penghematan waktu dan mempercepat perolehan keuntungan.

Diantara pelaku bisnis jual-beli website ini tidak kurang juga yang melakukan keduanya, yaitu sebagai pembeli dan penjual situs. Seperti penulis ini misalnya.. :D, terkadang saya membuat sebuah situs baru untuk dijual, kadang juga saya menjual situs saya yang sudah tidak terurus, atau terkadang saya membeli situs yang sudah jadi dari penjual lain untuk kemudian saya jual kembali dengan harga yang lebih mahal supaya dapat untung.

Nah karena alasan tersebut di atas maka jual-beli website ini termasuk dalam salah satu lahan bisnis online yang prospeknya cukup menjanjikan, walaupun tidak semua pelakunya selalu mendapat keuntungan yang besar, tetapi biasanya kejutan-kejutan biasa terjadi di bisnis ini, seperti yang pernah saya ketahui ada seorang penjual dari Indonesia yang menjual situsnya senilai $160.000 USD atau 1,6 Milyar rupiah (jika $1 = Rp. 10.000) di sebuah tempat jual-beli web, dan bahkan para penjual yang berkewarganegaraan lain tidak sedikit yang menjual situsnya jauh melebihi harga tersebut.

Bagaimana Cara Melakukan Bisnis Jual beli Website Ini?

Untuk terjun ke bisnis jual-beli situs ini setidaknya Anda harus memahami cara pembuatan website untuk membuat website yang baru, atau Anda harus mengetahui nilai dari sebuah website jika Anda ingin membeli situs yang sudah jadi untuk kemudian dijual kembali guna memperoleh keuntungan. Setelah itu Anda harus mengetahui dimana tempat yang berpotensi untuk mendapatkan pembeli, dan juga Anda harus mengetahui proses pasca-jualnya, seperti bagaimana cara mentransfer domain, cara backup, download, dan upload file-file dan database website untuk memindahkannya ke hosting milik pembeli jika ia menghendaki, dsb. termasuk cara membuat sales letter atau kata-kata penjualan yang menarik tapi jujur guna meningkatkan penjualan. Jadi Anda harus ‘sedikit’ belajar bila anda belum mengetahui caranya..

Walaupun begitu, bisa juga Anda tidak harus mengetahui semua caranya, karena ada bagian-bagian dari proses tersebut yang pengerjaannya bisa diserahkan kepada ahlinya yang bisa Anda ajak untuk bekerjasama (outsourcing), yang penting Anda mengetahui ilmu bisnis jual-beli web-nya saja, atau bisa juga Anda hanya sebagai pemodal saja yang menjalin kerjasama dengan para pelaku bisnisnya untuk membiayainya membeli sebuah situs jadi untuk kemudian ia jualkan dengan harga lebih tinggi, dan keuntungan yang diperoleh dibagi dua yang prosentasenya disesuaikan dengan kesepakatan bagi hasil yang telah dibuat sebelumnya.

Tempat untuk bisnis jual-beli web ini diantaranya adalah di: WarriorForum.com, Forums.Digitalpoint.com, Flippa.com, Adsense-Id.com, DaltonsBusiness.com, BuySellwebsite.com, WebsiteProperties.com, BizBuySell.com, DealaSite.com, Ebay.com, ReadySiteSale.com, dan sebagainya. Jual beli situs ini biasanya menggunakan sistem lelang..

Jual-Beli Situs Web & Bisnisnya! oleh Cepi Nugraha. Semoga bermanfaat…