Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
/SMS/WA : 08112225788 (08-21.00 WIB) Untuk konsultasi, terapi, dan ruqyah dikenakan infaq seikhlasnya


Manfaat Printer Untuk Percetakan

Printer Percetakan Rumahan

Sahabat percetakan.. pastinya tidak semua order cetakan yang datang kepada kita selalu berjumlah banyak, namun ada kalanya orderan datang dalam jumlah yang sedikit. Sementara untuk menolak orderan sama saja artinya dengan menolak calon pelanggan. Padahal siapa tahu dari orderan yang kecil tersebut akan memancing datangnya orderan yang jumlahnya lebih besar dari orang yang sama, dari kenalan atau dari kerabatnya yang ia hubungkan kepada kita, seperti pengalaman saya beberapa tahun lalu misalnya, yang hingga kini masih berjalan. Nah, untuk itulah kenapa saya menuliskan artikel tentang manfaat printer untuk percetakan, disamping ada alasan lainnya juga pastinya ..hehe.

Order cetakan yang berjumlah kecil sebenarnya masih bisa kita kerjakan dengan cara disablon, bahkan untuk dikerjakan dengan mesin cetak offset, yang penting harga jual masih bisa diterima oleh konsumen. Namun tidak semua orang mau belajar untuk bisa menyablon sendiri, sementara untuk dimakloonkan ke tukang sablon bisa jadi jaraknya cukup jauh dari tempat tinggal mereka, demikian pula dengan cetak offset belum tentu semua orang memiliki mesinnya. Karena hal itulah, maka memanfaatkan printer rumahan berukuran kecil untuk bisnis percetakan merupakan salah satu alternatif pilihan, apalagi bagi yang bisa mengotak-atik desain sendiri dan lebih menyukai kepraktisan, walaupun tentu karena ukurannya tadi, maka kemampuan cetaknya pun terbatas hanya untuk area cetak berukuran kecil.

Manfaat Printer Untuk Percetakan Rumahan

Selain sebagai alat percetakan alternatif untuk mengerjakan orderan yang berjumlah sedikit, sebuah printer kecil dengan ukuran lebar A4 atau F4 (folio) telah banyak digunakan orang untuk menjalankan usaha percetakan rumahan, terlebih bagi mereka yang lebih suka untuk bekerja dari rumah sendiri atau juga para ibu rumah tangga.

Yang saya amati di lapangan, ternyata manfaat printer untuk percetakan rumahan ini pun cukup banyak, misalnya saja untuk membuat stiker label nama anak, kartu undangan ulang tahun, kartu nama, brosur, kop surat, etiket surat, dan produk cetak lainnya seperti undangan pernikahan dengan jumlah yang tidak begitu banyak. Disamping itu ada pula yang memanfaatkannya untuk mencetak foto-foto hasil jepretan dari kamera digital, kamera hape, dan sebagainya. Banyak orang yang telah berhasil dari bisnis percetakan rumahan ini, dan mereka pun telah meraup untung yang tidak sedikit untuk setiap bulannya.

Coba kita bayangkan.. hanya dengan perlengkapan sederhana dan tidak harus terlalu mahal. Seperangkat PC atau laptop, sebuah printer warna yang diinfus (biasanya jenis photo printer untuk hasil yang lebih baik), kertas BC/karton Manila yang berwarna-warni, kertas Tik, sticker Cromo, sticker HVS, sticker Glossy atau juga bahan-bahan cetak lainnya. Terkadang dilengkapi pula dengan mesin scanner dan peralatan penunjang lain yang total modalnya tidak sampai 5 juta rupiah.

Yang tidak kalah penting tentunya harus lebih jeli melihat peluang dan harus pintar-pintar berpromosi. Sedikit bocoran saja, biasanya mereka melakukan promosi ke berbagai sekolah, terutama taman kanak-kanak dan sekolah dasar. Promosi dilakukan juga ke tempat bimbingan belajar, klinik-klinik dan sekolah-sekolah kesehatan kelas karyawan, dan lain-lain. Selain itu, cara promosi yang saya lihat cukup efektif untuk saat ini adalah dengan mengupload gambar sampel produk di Blackberry Messenger (BBM) dan di wall/dinding Facebook supaya bisa dilihat banyak teman.

Apakah sahabat juga tertarik untuk membuka bisnis percetakan rumahan? 🙂

Semoga artikel sederhana yang mengulas tentang manfaat printer untuk percetakan ini bermanfaat bagi Anda. ~ Cepi Nugraha.