Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
/SMS/WA : 08112225788 (08-21.00 WIB) Untuk konsultasi, terapi, dan ruqyah dikenakan infaq seikhlasnya


Materi Da'wah Islam

Materi Dakwah Islam

Materi Da’wah Islam Untuk Ahli Da’wah dan Umum

Sebagaimana telah kita ketahui, bahwa da’wah adalah kewajiban bagi setiap mu’min yang disesuaikan dengan kadar kemampuannya masing-masing. Da’wah merupakan salah satu bentuk amal shaleh, akan tetapi amal shaleh tanpa dilandasi dengan ilmu maka tidaklah akan bernilai.

Untuk itu pula di hari pertama bulan Ramadhan 1422 Hijriyah ini saya berkeinginan untuk mencoba mulai menulis ulang materi-materi da’wah yang diambil dari sebuah kitab dengan tulisan Arab berbahasa Sunda yang akan saya terjemahkan isinya ke dalam bahasa Indonesia untuk dijadikan sebagai salah satu panduan/ilmu da’wah untuk kita semua.

Saya mendapatkan kitab ini beberapa tahun yang lalu. Setelah saya baca dan bandingkan isinya dengan apa yang biasa dikemukakan oleh para guru dari kalangan ahlussunnah wal jama’ah, maka saya berkesimpulan bahwa kitab ini walaupun nama kitab dan juga penulisnya tidak sepopuler nama dan penulis kitab-kitab yang lain, tetapi isinya sangat berbobot karena insyaallah tetap mengacu kepada dua pedoman utama ummat Islam yakni al-Qur’an dan Sunnah Rasululullah shallallahu ‘alaihi wa alihi wasallam.

Sesuai dengan yang tertulis di sampulnya, kitab ini berjudul “Adda’watusshalihah, kitab pedoman da’wah untuk ahli da’wah dan untuk umum”, diterbitkan oleh Toko Kairo Tasikmalaya. Sayang sekali untuk tanggal dan tahun penerbitannya tidak saya temukan di kitab ini, tetapi nampaknya kitab ini adalah sebuah kitab yang telah diterbitkan cukup lama yang kemungkinan juga penyusunnya sudah wafat. Namun seandainya ada diantara sahabat Rumah Cahaya yang mengenal penulis serta toko penerbit kitabnya, maka saya persilakan untuk memberitahukan, dan saya akan menerimanya dengan sangat senang hati. Terima kasih sebelumnya…

Baik, sebelum rencana saya terwujud ke penulisan materi-materi da’wah Islam yang merupakan kandungan isi kitabnya, maka di halaman ini saya akan menuliskan Muqaddimah (pendahuluan) dan daftar isinya sebagai berikut:

MUQADDIMAH

Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillahirabbil’alamina wasshalatu wassalamu ‘ala Sayyidina wa Nabiyyina Muhammadin asrafilmursalina wa ‘ala alihi wa shahbihi ajma’in. Amma ba’du:

Da’wah Islam merupakan kewajiban mutlak ummat Islam yang belum pernah pupus dari zaman dahulu hingga sekarang. Pada saat kedatangan abad yang baru ini kekacauan dunia tambah memuncak, keruksakan agama, aqidah, akhlaq, ibadah dan sebagainya tambah parah, yang susah payah untuk membendungnya.

Oleh sebab itu, maka sangatlah wajib bagi ummat Islam berupaya dengan segala cara dan akal pikiran melalui jalan da’wah “al-amru bilma’rufi wannahyu ‘anil munkar” yang lebih teratur dan lebih ketat.

Ini kitab bisa dipakai pedoman oleh ahli da’wah, serta perlu dimiliki oleh kaum muslimin pada umumnya. Semoga banyak manfaatnya!!!

Wassalam,

Haji Achmad Thabibuddin al-Q… (naskah pada sebagian nama belakangnya sudah tidak terlihat)

DAFTAR ISI KITAB

MUQADDIMAH (Pendahuluan)

  1. Adda’wah (Da’wah)
  2. Syuruthudda’wah (Syarat-syarat Da’wah)
  3. Al-Amru bilma’rufi wannahyu ‘anil munkar (Menyuruh Pada Kebaikan dan Mencegah Dari Kemungkaran)
  4. Al-Mujaddid (Pembaharu Agama)
  5. Al-‘ulama-u biddin (Yang Mengetahui/Memahami Agama)
  6. Awwaludda’wah (Yang Pertama kali Diserukan)
  7. AL-I’tishamu bi hablillah (Memegang Erat Agama Allah)
  8. Addin (Agama/Peraturan Allah)
  9. Al-Iman (Iman)
  10. Al-Islam (Islam)

Demikian muqaddimah serta daftar isinya.. Setiap materi dakwah Islam di dalamnya disampaikan dengan penjabaran dan penjelasan yang cukup panjang, sehingga untuk penulisan ulangnya di blog ini mungkin akan memerlukan waktu yang cukup lama, dan tidak langsung dituliskan dalam satu halaman, tetapi bagian demi bagian.

Yaa semua saya pasrahkan kembali kepada Allah.. karena adanya keinginan, niat, kesempatan, serta kemampuan untuk meluliskannya juga semua berasal dari-Nya. Tak lupa saya pun memohon do’a dari sahabat-sahabat semua, seandainya keinginan saya tersebut akan membuahkan kebaikan dan kemaslahatan yang besar, maka semoga Allah memperkenankan.. tetapi bilamana sebaliknya maka semoga Allah tidak mengizinkan bagi saya untuk meneruskannya. Aamiin, dan terima kasih sebelum dan sesudahnya..

Materi Da’wah Islam Untuk Semua, sebuah rencana penulisan ulang oleh: ~ Cepi Nugraha