Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
/SMS/WA : 08112225788 (08-21.00 WIB) Untuk konsultasi, terapi, dan ruqyah dikenakan infaq seikhlasnya


Usaha Cetak

Usaha Cetak

Banyak jenis usaha atau bisnis yang bisa kita jalankan tanpa harus mempunyai perlengkapan pendukung untuk usaha tersebut. Berkaitan dengan hal itu, maka saya telah menyebutkan salah satu jenis usahanya pada pembahasan sebelumnya, yaitu jenis usaha usaha konveksi pakaian. Pada kesempatan kali ini pun saya akan menambahkan salah satu jenis usaha lainnya yakni usaha percetakan ke dalam kategori tersebut.

Proses produksi percetakan bisa dikerjakan dengan bermodalkan perlengkapan yang sangat sederhana dengan harga yang relatif murah sampai dengan perlengkapan yang modern dan dengan harga yang cukup bahkan bisa sangat mahal. Contohnya: Perlengkapan sablon manual yang bisa kita miliki hanya dengan mengeluarkan uang puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah, sedangkan perlengkapan cetak offset dan digital printing, untuk memilikinya kita harus mengeluarkan uang jutaan, puluhan juta, ratusan juta, bahkan sampai milyaran rupiah.

Kita tentu saja bisa memiliki salah satu perlengkapan cetak tersebut sesuai dengan kemampuan atau keuangan yang kita miliki, akan tetapi.. tanpa perlengkapan-perlengkapan tersebut kita pun tetap masih bisa melakukannya, dengan syarat adanya orang-orang atau tempat-tempat yang menyediakan jasa makloon cetak. Contohnya:

Bila Anda jalan-jalan ke kota Bandung, maka di beberapa nama jalan seperti di jalan Pagarsih, jalan Kalipah Apo, jalan Pungkur, dan lain sebagainya, banyak orang-orang atau tempat-tempatyang menyediakan jasa makloon cetak tersebut, hal itu bisa dilihat dari tulisan-tulisan yang terpampang di spanduk, papan reklame, dan sebagainya dengan tulisan yang isinya kurang lebih sebagai berikut “ Menerima Makloon Cetak “ bahkan ada juga yang tanpa memajang tulisan-tulisan seperti itu tapi menerima juga jasa makloon cetak. Dan tentu saja kita pun harus tahu juga proses-proses cetak dari awal hingga akhir supaya kita bisa mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus dilalui.

Pengetahuan yang harus kita miliki untuk bisa menjalankan bisnis percetakan tanpa perlengkapan tersebut seperti:

  • Mengetahui proses dan tempat pra-cetak: Kita harus mengetahui proses pra-cetak, tahu dimana tempat membeli kertas yang murah, dimana ada tempat yang menjual jasa setting komputer untuk desain grafis naskah cetakan, tahu dimana tempat pembuatan film sparasi, dimana tempat pembuatan pelat kertas/aluminium (paper/aluminium plate), dan sebagainya.
  • Mengetahui proses dan tempat cetak: Kita harus mengetahui proses cetak, tahu dimana tempat-tempat yang menerima makloon sablon, makloon dengan mesin cetak offset maupun mesin digital printing.
  • Mengetahui proses pasca cetak atau finishing dan tempat finishing: Kita harus mengetahui proses finishing dan tempat-tempat yang menyediakan makloon untuk proses finishing tersebut.

Tapi lebih baik lagi jika kita bisa mengetahui tempat makloon untuk produksi percetakan yang “menyediakan jasa makloon cetak dalam satu atap”, yaitu dari mulai Pra-cetak, cetak, sampai pasca cetak atau finishing.

Pengetahuan-pengetahuan tersebut bisa kita peroleh dengan banyak bertanya kepada kenalan atau teman yang telah lebih dahulu menekuni usaha cetak maupun dengan bertanya kepada orang-orang yang mempunyai atau bekerja di tempat-tempat makloon cetak.

Untuk masalah harga, mereka para penyedia makloon tersebut akan memberi harga yang relatif murah, karena kita dianggap sebagai rekan/partner usahanya. Berbeda jika kita datang ke sana sebagai konsumen langsung/pemakai produk percetakan, maka harga yang berlaku adalah harga “konsumen pada umumnya” (bukan harga rekanan).

Dan bagi yang bertempat tinggal jauh di luar tempat makloon tersebut, komunikasi bisa dilakukan melalui e-mail, telepon, surat dan sebagainya, sedangkan pengiriman bisa melalui kantor pos, maupun jasa-jasa pengiriman paket.

Semoga bermanfaat…!!! (Cepi Nugraha)